muslimah

muslimah
Selalu ingin Mencoba untuk berubah

Minggu, 08 Maret 2015

ALKOHOL INDUSTRI

                Alcohol rendah ( yang jumlah atom karbonnya kurang dari empat ) dibuat secara besar-besaran.alkohol jenis ini digunakan sebagai bahan baku untuk bahan kimia yang berharga selain digunakan seperti apa adanya.
            METANOL…..dahulu kala dibuat dari kayu melalui penyulingan dan sampai sekarang masih disebut alcohol kayu. Akan tetapi sekarang methanol dibuat dari karbonmonoksidan dan hydrogen.
            Produksi methanol di AS 73 juta ton per tahun. Umumnya metanl digunakan untuk membuat formaldehida dan bahan kimia lain, tetapi sebagian digunakan untuk pelarut dan antibeku. Methanol sangat beracun dan dapat menyebabkan kebutaan permanen karena bila masuk kedalam tubuh akan dioksidasi menjadi formaldehida (CH2 =O), yang mengikat opsin sehingga mencegah pembentukan rodopsin yaitu pigmen peka cahaya yang diperlukan untuk penglihatan.
            ETANOL…….dibuat melalui fermentasi sirup gula dari pabrik gula, yaitu residu yang dihasilkan dari pemurnian gula tebu
(gula tebu) C12H22O11 + H2O                4CH3CH2OH (etanol) + 4CO2
                Pati dalam bebijian, kentang dan beras dapat difermentasi dengan cara yang serupa menghasilkan etanol, dan hasilnya disebut alcohol bebijian. Disamping fermentasi, etanol juga dibuat melalui hidrasi berkatalisis asam dari etilena. Metode ini, dengan asam sulfat atau katalis asam lain, setiap tahun menghasilkan 8,3 juta ton di AS.
            Alcohol komersial adalah campuran dengan titik didih konstan, mengandung 95 % etanol dan 5% air dan tidak dapat dimurnikan lebih lanjut melalui penyulingan. Untuk menghilangkan air yang tersisa guna mendapatkan alcohol absolute (absolute alcohol) kita tambahkan kapur (CaO), yang bereaksi dengan air membentuk kalsium hidroksida (CaOH) tetapi tidak bereaksi dengan etanol.
            Sejak dulu etanol telah dikenal sebagai komponen dalam minuman beralkohol misalnya bir, anggur, wiski, dll. Istilah proof, sebagaimana digunakan di As sebagai minuman beralkohol, ialah sekitar dua kali persentase volume alcohol yang ada contohnya, 100-proof wiski mengandung 50% Etanol. Etanol digunakan sebagai pelarut, sebagai antiseptic topika (contohnya ketika mengambil darah), dan sebagai bahan baku awal pembuatan eter dan etil ester. Etanol juga dapat digunakan sebagai bahan bakar (gasohol).
            2-Propanol (isoprofil alcohol) dibuat secara komersial melalui hidrasi propena berkatalisiskan asam. Alkohol ini merupakan komponen utama dalam alcohol gosok. Lebih dari separuh isoprofil alcohol yang dihasilkan (lebih dari 1 juta ton pertahun) digunakan untuk membuat aseton melalui reaksi oksidasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar